Senin, 12 November 2012

Hari ke-28 Jokowi: Jokowi Kaget Kartu Sehat yang Dibawanya Cepat Habis di Marunda

Gubernur DKI Jakarta Jokowi membagikan Kartu Jakarta Sehat (KJS) di daerah Marunda, Jakarta Utara, pagi ini. Jokowi kaget Kartu Jakarta Sehat yang dibawanya cepat habis saat dibagikan ke warga di kawasan itu.

"Wong masa saya taruh segepok, ini hanya satu rumah kok 7-9 kartu untuk satu rumah, ya KB-nya gagal," ujar Jokowi dengan nada bercanda usai membagikan kartu sehat di RW 06 Kampung Sungai Tirem, Marunda, Jakarta Utara, Senin (12/11/2012).

Jokowi mengatakan, saat membagikan kartu sehat di kawasan itu dia melihat banyak anak-anak kecil berusia empat hingga lima tahun. Dalam satu rumah juga ada yang anaknya lima hingga tujuh orang.

"Ada yang 5 ada yang 7 anaknya itu gimana? Ramai sekali, kaget saya tadi," kata Jokowi sambil tertawa.

Usai membagikan Kartu Jakarta Sehat, Jokowi mengunjungi Puskesmas Marunda. Jokowi memantau kesiapan Puskesmas menggunakan KJS yang sudah dibagikan. Namun saat berada di Puskesmas itu belum ada warga yang menggunakan kartu itu.

"Jadi kartu ini sudah kita antar ke rumah-rumah. Jadi ini saya ingin menujukkan pada jajaran saya bahwa melayani ya seperti itu. Kemudian sekarang masuk ke Puskesmas, masyarakat bawa kartu daftar kemudian digesek nanti akan keluar mengenai record mengenai penyakit dan kedua mengenai billing system," katanya.

Jokowi mengatakan, pemegang kartu itu dapat berobat berbagai macam penyakit seperti penyakit panu, masuk angin dan penyakit lainnya. Menurutnya kartu ini juga memudahkan manajemen kontrol karena prosedur keuangan sudah terekam dalam kartu ini.

"Semuanya nanti online ke Dinas, untuk Marunda sendiri ada 494 yang dibagikan. Untuk wilayah DKI diperkirakan ada 4,5 juta orang. Kita sudah punya base linenya, siapa yang diberikan prioritasnya sudah ada," katanya.



Share This Art!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar