Rabu, 28 November 2012

Hari ke-44: Jokowi Gandeng KPK Kontrol Anggaran

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) ingin Kebijakan Umum Anggaran Perencanaan Plafon Sementara (KUAPPS) tepat sasaran. Ia melibatkan petugas KPK untuk ikut mengawasi anggaran.

"Seperti yang saya sampaikan kemarin bahwa ini dimulai dari penganggaran karena pencegahan. Kemudian, nanti melaksanakan. Kemudian, ikut controlling. Ini kan supervisi mulai awal sampai akhir agar anggaran tepat sasaran. Tidak ada mark up dan transparan akses publik untuk melihat diberikan," kata Jokowi dalam jumpa pers di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (28/11/2012). Jokowi didampingi Ahok dan Sekda DKI Jakarta Fadjar Panjaitan.

Menurut Jokowi, manajemen kontrol juga bisa dilakukan sehingga hasil APBD bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. "Kita inginnya seperti itu," ujar Jokowi.

Apakah itu tim gabungan BPKB dan KPK? "Kalau nanti kita perlukan akan disampaikan secara langsung, yang terpenting perkuat controlling di lapangan. Jangan sampai seperti ada SD yang baru tahap pengerjaan sudah ambruk. Inilah perlunya pengawasan," jawab Jokowi.

Eks Wali Kota Solo ini mengatakan pembahasan anggaran hingga kini masih bolak-balik. Padahal ia berharap pembahasan anggaran itu selesai minggu ini.

"Kita inginnya dari kemarin bisa cepat tetapi belum rampung (selesai). Tanya tiap hari ke sana ke sini juga belum rampung. Anggaran rupiah sudah ada namun ini perlu penjelasan, penjelasan ini balik, penjelasan ini bolak-balik ya nggak apa-apa ini kan proses kita menjelaskan. Itu Pak Sekda yang bolak-balik terus. Ayo kenapa bolak-balik, Pak," ujar pria berusia 51 tahun itu.

Sekda DKI Jakarta Fajar Panjaitan menjelaskan pembahasan KUAPPS dibutuhkan pendalaman.

"Yang namanya pembahasan KUAPPS itu perlu penjelasan dan pendalaman. Sekarang juga berlangsung pembahasan itu jadi minta doa insya Allah tidak ada keterlambatan," kata Fajar.

Jokowi kemudian menambahkan DPRD DKI Jakarta tidak pernah menanyakan soal proyek MRT dan monorel.

"Soal MRT, monorel juga nggak pernah ditanyakan ke kita. Jadi secara resmi belum pernah tanya ke kami, Pak Wagub, Sekda juga belum. Kalau tanya, kami jelasin," ujar Jokowi.




Share This Art!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar