Kamis, 22 November 2012

Hari ke-38 Jokowi: Jakarta Akan Jadi Kota Karnaval

Enjoy Jakarta merupakan semboyan yang dipakai untuk menarik wisatawan. Namun bagi Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, semboyan itu terlalu abstrak menggambarkan daya tarik identitas Jakarta dibanding kota-kota lain di dunia.

"Brand yang sekarang itu Enjoy Jakarta, tapi yang di-enjoy itu apa sebenarnya? Saya juga nggak ngerti," ujar pria yang akrab dipanggil Jokowi itu.

Pernyataannya itu disambungnya dengan tawa bersama hadirin pembukaan Pekan Produk Kreatif Indonesia 2012 "Indonesia Creative Power" di Epiwalk, Jl. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (22/11/2012). Setelah tawa mereda, barulah dia menuturkan visi tentang identitas bagi Jakarta yang lebih mampu menonjolkan keunikannya dibanding kota-kota lain.

"Kalau saya pinginnya Jakarta itu menjadi dua, yaitu seni pertunjukan dan karnaval," ujar Jokowo serius.

Memang sudah banyak kota di dunia yang menggelar karnaval sebagai atraksi tahunan yang menarik bagi wisatawan. Namun sebagai Ibukota sebuah negara yang kaya raya dengan aneka ragam budaya dengan atraksi seni masing-masing, sudah barang tentu karnaval yang akan digelarnya di Jakarta akan jauh lebih variatif dibandingkan kota mana pun di dunia.

"Tiap hari mau karnaval, bisa saya lakukan itu. Di seluruh Indonesia ada 504 kota, ya sudah kita undang saja mereka untuk tampil. Setahun kan ada 365 hari, jadi bisa kebagian tampil semuanya tiap hari," papar Jokowi.

Menggelar karnaval yang berbeda-beda setiap hari selama setahun penuh, belum pernah digelar oleh kota mana pun di dunia. Tapi bukan tanpa masalah bila setiap hari di Jakarta diadakan pertunjukan karnaval di jalan-jalan kotanya.

"Kalau bikin karnaval setiap hari, bisa tambah macet. Huahahaha....," kata Jokowi sambil kembali tergelak.



Share This Art!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar